Mengatasi Error 5100 Pada Printer Canon

Berikut  ini tentang masalah Error 5100 Biasanya terdengar bunyi "klotak" setelah itu muncul error 5100 tersebut!! tapi setelah dimatikan printer akan normal kembali, tapi printer akan melalui proses cleaning ink sehingga akan mengurangi tinta.

Penyebab(hasil analisa) :
1. usia printer yg sudah tua dan intensitas printing, yang menyebabkan pelumas pada roller kering
2. Pada printer yg sudah di modif selang tidak terpasang dengan baik, sehingga menghambat jalannya cartridge
   
Solusi:
Coba cek kabel infus apakah menghambat cartridge atau tidak, bisa dibuka cover printernya kemudian cek apakah gerakan cartridge ke kanan dan kekiri lancar, jika masih sering eror coba beri pelumasan pada rollernya.

Tambahan Info :
Error Code………....Description
5000 ……………….Home position error
5100 ……………….Carriage control error
5200 ……………….Head temperature sensor error
5400 ……………….Printer temperature sensor error
5600 ……………….No cartridge error
5C00 ……………….Purging operation error
5200 ……………….Scanner cartridge error

Berikut terjemahan dari forum lain :
Kesalahan ini khusus yang saya bingung untuk sementara waktu, tapi aku akhirnya menemukan penyebabnya. Seperti yang lainnya telah menunjukkan sebelumnya, dapat memiliki banyak hubungannya dengan beberapa hambatan di jalur cetak, roda gigi, atau tinta pada encoder strip plastik bening. Anda berada di jalur yang benar - saya menemukan tutup pembersihan (mekanisme geser putih yang taman cetak kepala ketika itu tidak digunakan) tidak dilumasi cukup baik dari pabrik. 

Jika Anda lumasi slider dengan beberapa gemuk putih (tidak mendapatkan itu di wiper kecil atau topi hitam) mekanisme slide kini dapat lebih bergerak lebih bebas, kesalahan yang ditakuti 5100 (atau-E 2-2 pada layar LCD) Perlu diketahui bahwa perbaikan ini mungkin akan meminta Anda untuk menghapus panel sebelah kanan off printer untuk mendapatkan akses ke mekanisme pembersihan. Ada dua sekrup di belakang printer, dan dua di depan untuk setiap panel samping corrosponding (sekrup depan berada di belakang panel depan abu-abu printer - buka penutup atas untuk melihat klip yang memegang depan tutup) Semoga ini membantu beberapa dari Anda keluar.

Tambahan info lagi :
Berikut cara reset canon ip2770 error :
  1. Printer dalam keadaan mati dan kabel listrik terpasang.
  2. Tekan tombol resume 2 detik kemudian tekan tombol power sampai lampu hijau nyala(saat menekan   tombol power, ...tombol resume jgn dilepas dulu)
  3. Kemudian lepas tombol resume, tapi jangan lepas tombol power.
  4. Sambil tombol power masih tertekan, tekan tombol resume 5 kali. Led akan menyala bergantian orange hijau dengan nyala terakhir orange. (jangan sampai keliru 4x karena printer akan mati total, tapi sifatnya sementara juga) kemudian ...
  5. Lepaskan kedua tombol bersamaan.
  6. Led akan blink sebentar kemudian akan nyala hijau.
  7. Dan komputer akan mendeteksi hardware baru, abaikan saja...
  8. Tekan tombol power, maka printer akan mati.
  9. Tekan lagi tombol power maka printer akan nyala dan ... Printer ip2770 sudah siap digunakan.

3 komentar: