10 MASALAH BLACKBERRY YANG PALING SERING dan SOLUSI NYA

BlackBerry Storm
Inilah 10 permasalahan BlackBerry yang sering di temukan. Lima ada di Hardware dan lima lagi ada di Sofware

Untuk lima masalah di Hardware:
  • Trackball bermasalah;Ini bisa berarti, trackball tidak mau bergerak .Biasa nya ini terjadi karena roller atau pin-pin kecil yang ada pada sekeliling trackball     kotor atau berdebu.
Solusi: 
Cukup hanya dengan membersihkan roller tersebut,dengan menggunakan jari anda.Namun ingat anda harus sangat berhati-hati ketika  membuka trackball,karena piranti ini sangat rentan.

  • Layar berdebu; Ini masalah klasik,karena sebuah peralatan eletronik yang selalu di bawa-bawa tentu sangat muda terkena debu atau kotoran
Solusi:
Cara membersihkan Smartphone kesayangan anda cukup mudah,karena     setiap unit BlackBerry biasa nya di pasang sekrup yang bisa di buka dengan obeng berukuran T5 dan T6.Perlu untuk di ingat,anda tidak boleh memaksakan sekrup karena akan bisa mengakibatkan patah.Untuk membersihkan nya, jangan menggunakan tisu.Tapi gunakan kain halus seperti yang biasa di pakai untuk membersihkan kaca mata.

  • Port USB longgar; Hal ini biasa terjadi jika kita sering mencabut kabel USB yang terhubung dengan BlackBerry dengan cara menggoyangkan kabel tersebut.
Solusi: 
Cara yang paling aman adalah jangan mencopot kabel USB dengan menggerakan ke kanan-kiri.Port USb tidak akan bisa di perbaiki jika sudah rusak.Satu-satu nya cara adalah mengganti dengan suku cadang yang baru.

  • Touch screen Storm tak responsif; Terkadang touchscreen dengan teknologi SurePress ini tidak merespon ke inginan anda dengan benar.Ketika di tekan,layar lebar milik Storm ini biasa nya terasa empuk.Namun ada beberapa kasus layar Storm hanya merespon bagian-bagian tertentu saja
Solusi:
Anda perlu tahu bahwa pada BlackBerry Storm,terdapat empat sekrup kecil yang di tanamkan di tiap ujung layar.Empat sekrup inilah yang mengontrol tingkat ke empukan dan responbilitas terhadap tekanan pada layar.Anda sebenar nya bisa melakukan sendiri pengaturan terhadap sekrup-sekrup ini.Namun di butuhkan tingkat ketelitian yang tinggi karena anda akan berurusan dengan item-item yang kecil dan sangat rentan.

  • Elemen bagian samping tidak bekerja;Hal ini biasa terjadi setelah anda mengganti Bezel (tulang samping pada BlackBerry).Jika anda perhatikan Bezel ini bukan hanya sekedar hiasan.Tapi,merupakan tempat meletakan elemen.Seperti tombol suara,USB port,Jack Headphone,dan lain-lain.Mungkin saja Bezel baru tersebut tidak terpasang dengan benar,sehingga fitur tidak berjalan dengan baik.
Solusi:
Cara teraman adalah dengan mengganti kembali dengan Bezel yang original.Namun,jika anda terlanjur suka dengan Bezel yang baru.Saya sarankan untuk mengecek dan membetulkan letak Bezel tersebut.


Lima masalah di Software:
  • Email sudah di hapus tetapi masih ada;Ada beberapa penyebab masalah ini.Bisa karena tidak sinkron atau data base error.
Solusi:
Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah setelah menghapus email dari outlook inbox,hapus secara permanen dengan menekan tombol SHIFT dan DELETE secara bersamaan.Bisa juga dengan cara manual,yaitu menghapus item folder.

  • Email tidak masuk;Terkadang email tidak masuk ke dalam kotak inbox.Ini di sebabkan memory BlackBerry anda sudah penuh.Sehingga,email-email baru tidak bisa masuk.
Solusi:
Untuk mengatasi nya kita bisa melakukan pendaftaran ulang.Cara nya,masuk ke Menu utama pilih Advance Option, lalu arah kan ke Host Rotating Table pilih Menu,Register Now dan terakhir Registration Message Sent.

  • Tidak bisa mengirim email;Hal ini dapat terjadi karena ada nya maslah pada servis jaringan GPRS.
Solusi:
Pertama,anda bisa melakukan soft reset yaitu dengan menekan tombol ALT+CAP+DELETE secara bersamaan.Kedua, melakukan hard reset dengan menekan tombol reset yang terletak di belakang BlackBerry. Cek lambang antena di BlackBerry anda.Setelah melakukan ke reset ini seharus nya lambang antena telah menunjukan sinyal GPRS.Cobalah untuk mengirimkan email ke diri sendiri dulu.

  • Mati ketika akan menjawab panggilan masuk;Anda tentu sangat kesal ketika mengalami hal tersebut,terlebih ketika telepon itu merupakan panggilan yang sangat penting atau yang anda tunggu-tunggu.Anda bisa di cap sombong atau malah di curigai karena langsung mematikan nya.
Solusi:
Cara paling ampuh untuk mengatasi masalah ini adalah mencabut batere dari BlackBerry anda.Biasakan untuk mencabut batere minimal satu minggu sekali.Biarkan kira-kira lima sampai sepuluh menit lalu masukan kembali.Hal ini dilakukan untuk me refresh memory BlackBerry.

  • Layar sering ngeblank;Hal ini  sering terjadi pada smartphone yang menggunakan sistem operasi layak nya komputer
Solusi:
Coba lakukan soft reset dan cabut memory card jika ada.Kalau hal ini tidak berhasil coba melakukan Upgrade atau Downgrade operasi sistem BlackBerry anda

Sekian dulu utuk tips nya,jika ada yang kurang mohon bantuan teman-teman untuk menambahkan nya

0 komentar:

Posting Komentar